Filled Under:

Pengobatan Secara Alami Untuk Menstruasi Tidak Teratur

Pengobatan Secara Alami Untuk Menstruasi Tidak Teratur - Menstruasi tidak teratur, atau istilah medisnya dikenal sebagai oligomenore adalah masalah umum yang terjadi pada wanita. Masalah ini biasanya mengacu pada jarangnya masa menstruasi dengan jangka waktu lebih dari 35 hari.

Pengobatan Secara Alami Untuk Menstruasi Tidak Teratur

Siklus menstruasi yang normal berkisar antara 21 sampai 35 hari. Pendarahan menstruasi umumnya berlangsung selama dua sampai tujuh hari. Wanita Normalnya wanita mengalami menstruasi 11 sampai 13 masa menstruasi dalam setahun, tetapi bagi mereka yang menstruasinya tidak teratur mungkin mengalami kurang dari enam atau tujuh masa menstruasi.

Menstruasi yang tidak teratur ditandai dengan variasi waktu antara masing-masing masa menstruasi anda, jumlah hari berakhirnya masa menstruasi, dan keluarnya darah yang tidak normal ( apakah kurang atau lebih dari biasanya ) selama masa menstruasi.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab masalah ini, seperti gangguan pola makan, berat badan yang signifikan atau turun, anemia, menopause, gangguan tiroid, ketidakseimbangan hormon, penyakit hati, TBC, sindrom iritasi usus, diabetes, baru melahirkan atau keguguran ini, sindrom ovarium polikistik, kelainan rahim, dan kondisi kesehatan lainnya.

Gaya hidup juga bisa menjadi pemicu, contohnya seperti seperti peningkatan olahraga, merokok, penyalahgunaan alkohol, kafein, wisata, stres, dan obat-obatan tertentu dan pil KB juga dapat berkontribusi untuk masalah ini. Selain itu, sebuah studi Eropa 2005 menunjukkan bahwa asma dan demam juga dapat dihubungkan dengan menstruasi yang tidak teratur.

Siklus menstruasi cenderung tidak teratur selama beberapa tahun pertama setelah menstruasi dimulai dan juga pada akhir tahun menstruasi wanita, ketika dia mendekati menopause.

Disamping itu, karena wanita berbeda satu sama lainnya jadi cenderung memiliki pola menstruasi yang berbeda, selisih menstruasi yang tidak teratur dalam beberapa waktu sebaiknya tidak perlu dikhawatirkan.

Berikut adalah macam-macam pengobatan rumah untuk menstruasi yang tidak teratur.

1. Jahe

Jahe sangat bermanfaat dalam mengatur siklus menstruasi dan juga menghilangkan nyeri haid. Jahe juga bersifat melancarkan menstruasi dan karenanya baik untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur, keterlambatan atau hanya sedikit.
  • Rebus satu-setengah sendok teh bubuk jahe segar dalam secangkir air selama lima sampai tujuh menit.
  • Tambahkan sedikit gula.
  • Minum ini tiga kali sehari setelah makan.
  • Lakukan ini selama sekitar satu bulan atau lebih.

2. kayu manis

Kayu manis dianggap berguna untuk mengatur siklus menstruasi dan mengurangi kram menstruasi. Menurut pengobatan tradisional Cina, diyakini memiliki efek pemanasan pada tubuh.

Juga, mengandung hydroxychalcone yang membantu mengatur tingkat insulin dan diduga memiliki efek pada keteraturan menstruasi. Sebuah studi saat ini sedang melakukan analisis efek dari ekstrak kayu manis pada siklus menstruasi pada wanita dengan sindrom ovarium polikistik.

  • Cukup tambahkan setengah sendok teh bubuk kayu manis kepada segelas susu. Minum setiap hari ini selama beberapa minggu.
  • Anda juga bisa minum teh kayu manis, taburi kayu manis pada makanan Anda, atau mengunyah kayu manis secara teratur.

3. Biji wijen dan Jaggery

Biji wijen berguna dalam mengatur siklus menstruasi karena mereka membantu menyeimbangkan hormon Anda. Mereka sarat dengan lignan yang membantu mengikat hormon yang berlebihan. Plus, mereka mengandung asam lemak esensial yang mempromosikan produksi hormon yang optimal. Jaggery, juga membantu mengatur siklus menstruasi karena efek pemanasan nya.
  • Panggang kering segenggam biji wijen.
  • Giling biji wijen bersama dengan satu sendok teh jaggery hingga menjadi bubuk halus.
  • Ambil satu sendok teh bubuk ini dan minum setiap hari pada waktu perut kosong di fase luteal, atau paruh kedua siklus menstruasi Anda (dua minggu sebelum haid dimulai), selama beberapa bulan.

Cukup makan sepotong jaggery, juga dikenal sebagai gur, juga akan membantu mengatur menstruasi.

Catatan: Jangan gunakan obat ini selama masa menstruasi Anda.

4. Aloe Vera

Lidah buaya membantu mengobati menstruasi tidak teratur secara alami dengan mengatur hormon Anda.

  • Ekstrak ( ambil ) gel lidah buaya segar dari daun lidah buaya.
  • Campurkan dalam satu sendok teh madu.
  • Konsumsi setiap hari sebelum makan pagi Anda.
  • Lakukan pengobatan ini selama sekitar tiga bulan.

Catatan: Jangan gunakan obat ini selama masa menstruasi Anda.

5. Pepaya Muda

Pepaya muda hijau bekerja sebagai emmenagogue yang ampuh. Pepaya muda juga dianggap berguna dalam mengatur aliran menstruasi karena membantu serat otot kontrak di dalam rahim.

Pepaya muda sangat berguna untuk menstruasi yang tidak teratur yang terkait dengan menopause dan stres. Konsumsi jus pepaya muda secara teratur selama beberapa bulan. Jangan minum selama masa menstruasi Anda.




0 comments:

Post a Comment