Tips Dan Cara Menghilangkan Bau Mulut Pada Anak

Menghilangkan Bau Mulut Pada Anak - Anak-anak anda harus menyikat gigi mereka sebelum mereka pergi tidur setiap malam, hal ini akan membantu mereka untuk belajar membantu mereka menjaga kebersihan mulut mereka. Menyikat gigi 2 hari sekali adalah sangat baik untuk pertumbuhan gigi. Cara ini cukup baik untuk mencegah terjadinya bau mulut.


Cara Menghilangkan Bau Mulut Pada Anak


Bau mulut yang istilah medisnya dikenal sebagai halitosis, adalah suatu kondisi yang bahkan anak-anak sehatpun bisa mengalaminya. Jika ada menyadari bahwa napas anak anda sedikit berbau tidak sedap, maka ada kemungkinan itu merupakan gejala akan adanya masalah bau pada mulut anak anda. Ketika bau mulut menyerang anak anda, kemungkinan sebagian besar karena kurangnya menjaga kebersihan mulutnya.

Penyebab Terjadinya Bau Mulut.

Ada beberapa factor yang dapat berkontribusi terhadap bau mulut. Berikut ini adalah beberapa sebab yang paling umum diketahui.
  1. Kebersihan mulut yang kurang baik. Jika anak anda tidak sering menyikat gigi, sudah pasti mulutnya akan bau. Jika plak tidak dibersihkan, dapat menyebabkan iritasi pada gusi dan masalah gigi lainnya. Lidah juga bisa menjadi tempat berlabuhnya bakteri yang menghasilkan bau busuk dan bau mulut, jadi pastikan anak anda untuk menyikat lidahnya juga.
  2. Mulut kering. Air liur membantu membersihkan mulut. Ketika produksi air liur pada anak anda lebih sedikit dari biasanya, maka bisa menyebabkan xerostomia yang berkontribusi terjadinya penyebab bau mulut.
  3. Bernafas melalui mulut. Ketika seorang anak bernafas melalui mulutnya ( karena hidung tersumbat atau kebiasaan saat tidunya ), hal tersebut bisa menghalangi air liur dari mengikis habis bakteri penyebab bau mulut.
  4. Bakteri pada lidah. Bau mulut kebanyakan disebabkan oleh menumpuknya bakteri pada lidah. Jika anda tidak rajin menyikat lidah anda, bakteri yang bau akan menumpuk dan menyebabkan bau mulut.
  5. Infeksi mulut. Bau mulut juga dapat terjadi sebagai akibat dari gigi berlubang, penumpukan plak, sariawan, atau bedah mulut.
  6. Karena benda asing. Kadang-kadang bayi atau anak kecil akan memasukkan benda asing (mainan kecil, butiran makanan, dll) di hidungnya. Benda asing yang bersarang di hidung bisa menyebabkan bau mulut pada anak.
  7. Makanan tertentu. Jika anak anda mengkonsumsi makanan yang memiliki bau yang kuat, seperti bawang putih, bawang merah atau rempah-rempah lainnya. Hal tersebut dapat mempengaruhi kesegaran napas.
  8. Obat. Kadang-kadang, obat yang terurai dalam tubuh juga dapat menyebabkan bau mulut. Proses ini karena adanya pelepasan zat kimia yang dapat menyebabkan bau mulut.
  9. Kondisi sakit. Jika anak anda menderita alergi, penyakit menular, radang amandel atau kondisi lainnya. Bau mulut bisa muncul.
Cara Menghindari Bau Mulut
  1. Gigi yang sehat merupakan bagian tak terpisahkan bagi kesehatan dan kehidupan yang baik bagi anak-anak. Anda bisa membantu anak anda untuk terhindar dari bau mulut dengan melakukan rutinitas perawatan mulut.
  2. Anak anda harus menyikat giginya dua kali sehari menggunakan pasta gigi fluoride untuk menjadikan nafasnya tetap segar. Namun ingat, awasi anak anda saat bersikat gigi supaya pasta giginya tidak tertelan.
  3. Ketika anak anda menyikat gigi, pastikan juga untuk menyikat lidahnya. Kalau lidah tidak disikat maka bakteri akan mengumpul dan tumbuh di lidah.
  4. Bersihkan gigi dengan benang gigi setiap hari untuk menghilangkan partikel makanan dari gigi yang menjadi penyebab bau mulut.
  5. Jangan lupa untuk mengganti sikat gigi yang baru setiap beberapa bulan, karena bulu sikat gigi yang sudah kusam tidak akan efektif membersihakan plak dan kotoran dari gigi.
  6. Hindari mulut bau dan masalah kesehatan mulut lainnya dengan penjadwalan pemeriksaan gigi secara teratur dengan dokter gigi.
Bau Mulut Kronis Pada Anak

Sering kali, bau mulut anak anda akan hilang setelah anda menerapkan kebersihan mulut yang lebih baik. Namun, beberapa anak mungkin akan mengalami bau mulut yang kronis. Jika dokter gigi mengatakan bahwa mulut anak anda sehat, anda kemungkinan akan dirujuk ke dokter umum untuk melakukan tes tambahan untuk mendiagnosa penyebab bau mulut tersebut.

Apapun penyebab bau mulut, menjadi sangat penting mengajarkan anak-anak bagaimana cara membentuk kebiasaan untuk merawat gigi pada usia dini. Dan tetap mejaga kesehatan mulut mereka ketika sudah dewasa.

Tips Terbaik Untuk Perawatan Ggigi Yang Baik Saat Masa Kecil

Menyikat Gigi dan Membersihkan Gigi dengan Benang.
Mulai ajarkan untuk menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi ketika usia anak 2 tahun. Namun hati-hati, anda harus membimbingnya karena anak-anak cenderung akan menelan pasta gigi saat menyikat gigi, daripada meludahkannya. Kenalkan pasta gigi fluoride ketika anak anda sudah cukup besar dan kasih tahu untuk tidak menelannya. Begitu dua gigi saling bersentuhan satu sama lainnya, gosok sela-sela gigi dengan benang sekali sehari. Anda bisa menggunakan benang biasa atau benang plastic untuk menggosoknya.

Berkunjung ke Dokter Gigi
Para orang tua baru sering bertanya “ Kapan pertama kali anak saya bertemu dokter gigi?” anak anda harus bertemu dengan dokter gigi pada saat memasuki ulang tahun pertamanya.

 Barangkali segitu saja artikel tentang Cara Menghilangkan Bau Mulut Pada Anak. Semoga tulisan yang saya share lewat artikel ini bisa membantu anda yang sedang mencari solusi untuk mengatasi masalah bau mulut yang terjadi pada anak-anak anda. Sekiranya masih ada kata-kata atau penulisan yang kurang tepat, sudilah kiranya anda memberikan komentar, kritik dan sarannya agar kedepan saya akan terus memperbarui kualitas bacaan dan informasi tips seputar kesehatan lainnya. Sekian, Semoga Bermanfaat.




0 comments:

Post a Comment