Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang - Apakah anda menderita bau mulut, tetapi tidak tau persis apa penyebabnya? Jika anda sudah mencoba berbagai macam solusi namun tidak ada efeknya, mungkin saatnya anda harus pergi ke dokter untuk memeriksakan masalah gigi dan bau mulut anda. Ada banyak sekali penyebab bau mulut yang tidak sedap, jika anda memeriksakannya melalui dokter gigi biasanya dokter bisa mengetahui penyebab sumber masalah bau mulut anda. Penyebab bau mulut yang sering terjadi adalah karena kerusakan gigi yang tidak terdiagnosis, jadi ya, bisa jadi gigi berlubang itulah yang menyebabkan terjadinya bau mulut.

cara, menghilangkan, bau mulut,karena,gigi berlubang

Gigi berlubang merupakan akibat dari hancurnya permukaan gigi karena disebabkan oleh bakteri yang ada di dalam mulut anda. Bakteri hidup lewat sisa-sisa makanan atau gula yang mungkin tertinggal didalam mulut sehabis makan dan minum, yang kemudian membentuk asam yang menggerogoti permukaan gigi. Semakin lama bakteri dan asam melakukan kontak dengan gigi anda semakin tinggi resiko terjadinya kerusakan gigi dan semakin besar kemungkinannya membuat gigi jadi berlubang. Bakteri yang ada pada gigi berlubang anda dapat menyebabkan nafas segar anda berubah menjadi bau mulut tak sedap. Namun setelah anda memeriksakannya ke dokter gigi, dan ditemukan penyebabnya oleh dokter gigi maka kerusakan gigi dapat diatasi, gigi yang berlubang bisa diobati dan napas anda mennjadi lebih segar kembali.

Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang


Setelah kondisi gigi anda kembali membaik dan anda ingin mencegah agar dikemudian hari gigi anda tidak berlubang kembali dan nafas mulut tidak bau. Berikut ini ada beberapa hal yang direkomendasikan oleh dokter gigi.

  1. Sikat gigi dua kali sehari dan gosok sela-sela dengan benang sebelum tidur. Cara ini bisa membantu mencegah penumpukan plak disekitar gigi dan gusi dan mengurangi suplai makanan bagi bakteri.
  2. Gunakan sikat gigi elektrik untuk menghilangkan lebih banyak partikel makanan dimana bakteri mudah tumbuh. Sikat gigi elektrik juga memiliki timer yang membantu anda tinggal lebih lama berada diwastafel untuk menyikat gigi secara efektif.
  3. Gunakan pengikis lidah untuk menghilangkan bakteri, sisa-sisa makanan dan sel-sel mati. Alat ini merupakan alat bantu yang sangat berguna untuk mengikis ampas kopi yang menempel di lidah.
  4. Jika anda menggunakan obat kumur, gunakan obat kumur yang tidak mengandung alcohol. Apalagi jika anda penderita mulut kering. Secara umum, menyikat gigi lebih efektif dan tahan lama menyegarkan nafas anda daripada menggunakan obat kumur.
  5. Anda harus memeriksakan gigi anda 2 kali setahun kepada dokter gigi yang professional. Bersihkan gigi anda menggunakan alat dan tehnik yang dapat melepaskan semua plak yang menumpuk pada gigi anda yang mana cara ini tidak bisa dilakukan dengan hanya menyikat gigi saja. Dengan memeriksakan gigi anda membantu anda belajar tentang masalah daerah gigi yang lebih mungkin mengalami kerusakan sehingga anda bisa segera melakukan pencegahan. Dan dokter gigi anda akan memantau tambalan pada gigi yang lama dan rusak sebelum bakteri memiliki kesempatan untuk meyebabkan kerusakan lebih lanjut pada gigi anda.
Selain melakukan pemeriksaan rutin, perubahan gaya hidup juga dapat mengurangi terjadinya bau mulut dan gigi berlubang.
  1. Hindari makanan yang kadar proses gulanya tinggi
  2. Sikat gigi setelah makan ‘makanan sticky’ seperti kismis, pisang dan roti.
  3. Jika anda menggunakan perment menthol, batasi dengan memilih permen yang bebas gula. Seperti jenis silitol benar-benar bisa membantu mengurangi terjadinya kerusakan gigi.
  4. Jika anda berpikir bahwa penyebab bau mulut adalah dikarenakan gigi berlubang, hari ini mulailah dengan cara menyegarkan nafas dan mulut dan buatlah jadwal pertemuan dengan dokter gigi anda.
Itulah beberapa informasi tentang cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang. Semoga tulisan yang singkat ini masih bisa diambil manfaatnya. Saya selaku admin tak bosan-bosannya untuk meminta masukan, komentar kritik dan sarannya demi kemajuan blog tips perawatan alami ini. Terimakasih, semoga bermanfaat.




0 comments:

Post a Comment